Sabtu, 29 Desember 2012

Pulang Kandang

-->
Hallo sahabat pagi hari ini lumayan cerah dan sebentar lagi pergantian tahun 2013. Sekarang akan saya tulis tentang judul yang tertera di atas “Pulang Kandang”.
Karawang tempat kelahiran saya merupakan kabupaten yang terletak di propinsi Jawa Barat dengan jarak kurang lebih 90 KM dengan Jakarta.  Perkembangan kabupaten ini menurut saya sangat pesat, menurut info yang saya dapat bahwa Karawang akan di jadikan DKI 2. Bandara yang berlevel internasional sudah mulai akan dibangun di Karawang. Pelabuhan yang disebut Tanjung Periuk 2 pun sudah mulai akan dibangun di Karawang. Industri yang sebagian besar pada tahun 2010 berada di Jakarta sekarang pada tahun 2012 sudah mulai berpindah ke Karawang. Bahkan 63 perusahaan yang akan berpindah ke Karawang  sekarang sudah mulai ada 7 perusahaan yang berpindah ke Karawang. 
Berbanding terbalik dengan kemajuan kabupaten akan tetapi masyarakatnya kebanyakan hanya menjadi penonton di dalam proses kemajuan kota Karawang. Yang mengisi jabatan di perusahaan-perusahaan yang ada di Karawang malah bukan orang Karawang sendiri melainkan diisi oleh orang-orang yang berasal dari luar Karawang. Dikarenakan orang Karawang sendiri belum mampu bersaing dengan orang-orang dari daerah luar yang datang ke Karawang.
Saya yang sekitar 8 tahun sudah tidak berada di Karawang merasa terperangah dengan kemajuan Karawang yang begitu pesat akan tetapi di balik kemajuan Karawang saya juga merasa prihatin karena yang mengisi pos-pos strategi bukan putera daerah sendiri akan tetapi malah putera daerah lain. Bukan artinya putera daerah lain tidak boleh tetapi yang sangat mengusik hati kecil saya karena putra daerah Karawang belum mampu bersaing dengan putra daerah lain.  Ya kalau boleh di katakan “Kalah Sebelum Berperang”.
sedikit cerita 8 tahun meninggalkan kota kelahiran dengan tujuan untuk mencari ilmu di kota gudeg yang memang dikenal sebagai kota pendidikan. Saya kuliah S1 dan S2 pada jurusan computer science di salah satu universitas negeri yang berada di kota gudeg tersebut. Saya pun selama menjalani pendidikan S2 mengajar  di bidang yang sama dengan latar belakang pendidikan saya di salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah selama 2,5 tahun. Tujuan kepulangan saya atau sesuai dengan judul pada blog ini “Pulang Kandang” bertujuan semoga keberadaan saya di Karawang menjadi salah satu bagian kecil bahkan sebagai bagian besar untuk berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan Karawang dalam bidang sumberdaya manusia. Dikarenakan latar belakang saya dunia akademik maka saya akan menjawab tantangan masalah itu dengan mengajar di salah satu universitas dan beberapa STIMIK yang berada di Karawang.  Pada Januari 2013 saya akan terlibat mengajar di salah satu universitas dan beberapa STIMIK yang ada dikerawang. semoga bisa menjadi inspirasi untuk kita semua.
Judul: Pulang Kandang; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar